Saturday, May 24, 2014

RAGU

Wahhh... pagi ini kesal banget, begitu masuk ke ruangan, sudah ada dua orang asing bersama dua rekan kerja ku. Orang Asing itu, Marco asal Macedonia (Eropa Timur) dan asal Filipina.

Yup, Sudah beberapa hari ini ada training di kantor ku yang diikuti oleh beberapa orang dan diantara nya orang asing itu. Kepada teman yang menjadi mentor mereka, aku menyampaikan keinginan untuk bisa mengobrol dengan mereka sekaligus mengasah kemampuan berbahasa Inggris ku, ya, sangat kebetulan sekali ada orang asing yang training di sini. Karena akan sulit jika ingin mengobrol santai dengan bos-bos bule diluar perihal pekerjaan, apalagi bos di kantor menggunakan aksen Scottish yang sulit dipahami (sebenarnya karena bahasa Inggris ku yang kurang sehingga kurang memahami, hehehe).

Tapi pagi ini aku kesal sekali, setiba nya diruangan, aku jadi kaget melihat mereka, dan hanya “hello” yang ku ucapkan dan menyapa rekan kerja ku saja. Aku lantas duduk di meja ku, dan mengeluarkan perangkat kerja ku, aku hanya melihat mereka, dan merasa bingung harus memulai dari mana untuk berkenalan dengan mereka. Padahal aku tau, ini lah saat yang tepat untuk mengobrol dengan mereka.

Sesaat ku masih ragu tuk memulai, teman kerja ku yang lain, tiba-tiba saja masuk dan mengoceh tentang pekerjaan yang bagi ku tak terlalu penting amat di pagi hari begini, ku tau dia masuk biar bisa ngobrol dengan bule Eropa Timur ini. Tapi yang terjadi dua orang asing ini Nampak tak nyaman dan mengajak temannya untuk keluar...

Yaaaaahhhhh....

Teman ku, yang merupakan mentor training mereka, bilang, “tapi katanya mau ngobrol, mau latihan bahasa Inggris”
Aku Cuma bisa, kesal sama diri ku sendiri, yang tiba-tiba blank atau lebih tepat nya terlalu ragu.
Ku kejar keluar kantor, mereka sudah tidak ada, lagian kalau ku tunggu, jadwal training mereka sudah akan dimulai...
Mudah-mudahan ada kesempatan lagi.

Tak apa-apa, yang penting tetap harus memulai hari dengan bahagia dan harus belajar untuk lebih berani dalam bersikap. Hidup adalah pembelajaran, dan belajar dengan melakukan, learning by doing

1 comment:

  1. Kalau mau ngobrol dengan orang asing anggap saja sedang bicara dengan sesama teman Indonesia....supaya tidak nervous....Mereka paham kok kalau bahasa Inggris itu bukan mother tongue orang Indonesia...biasanya malahan respek kalau ada yang berusaha belajar ngobrol meski kurang lancar.... Yang penting asal kita ramah dan nggak menganggu mereka (musti lihat sikon juga) ...

    Mulai saja dari menanyakan hal2x yang simpel seperi : "How are you doing?", "How long you've been in Indonesia?" "What do you think about Indonesian food?" dll...dll.... Dulu saya latihan prakteknya dengan bersahabat pena manca-negara waktu SMA, ini membantu sekali untuk mengekspresikan pikiran kita, selain rajin mendengar siaran BBC di radio juga dan baca2x majalah dan surat kabar berbahasa Inggris... Saya ingat sekali dulu meski nilai TOEFL bagus dan mendapat beasiswa untuk kuliah di LN, tetap saja saat membaca buku2x kuliahan dalam Bahasa Inggris saya dan kawan2x Indonesia lain sempat tergagap2x.... Untuk ini tidak lama... karena seiring waktu kita jadi terbiasa.... Good luck!

    ReplyDelete