Sunday, May 25, 2014

Hujan Memberi Rahmat

Hujan, kadang selalu dijadikan alasan yang sangat pas di berbagai kesempatan, telat datang dalam janji, telat datang ke sekolah maupun kantor, bahkan bisa dijadikan alasan untuk tidak datang sholat Jum'at ke mesjid. Apalagi bagi orang Indonesia kebanyakan, hujan bisa dijadikan pembenaran untuk berbagai hal yang tidak bisa dilakukan.
Saat Hujan Di Kantor Oceaneering Batam

Di negara tropis seperti Indonesia, hujan bisa terjadi disepanjang tahun, tak peduli itu apakah musim kemarau apalagi musim penghujan, meskipun musim kemarau hujan tetap bisa turun meski dalam intensitas yang sedikit sekali, itu sebabnya dalam sejarahnya wilayah nusantara ini merupakan penghasil bahan-bahan pokok yang dihasilkan dari tumbuh-tumbuhan. Tapi tetap saja ada beberapa tempat yang mengalami musim kemarau yang sangat kering sampai mematikan pertanian, dan ada pula beberapa tempat yang mengalami hujan terus menerus sepanjang tahun.

Hujan bisa menjadi sesuatu yang sangat dinantikan dan dirindukan tapi bisa pula menjadi sesuatu yang menakutkan dan angker. Bagi daerah-daerah yang sudah lama mengalami kegersangan datangnya hujan adalah suatu yang dirindukan, bahkan ada beberapa budaya yang melaukan sesembahan dan sesajian agar hujan dapat turun, tetapi dalam Islam tetap ada kog cara untuk meminta hujan yang dilakukan dengan sholat berjamaah, jadi tidak perlu melakukan hal-hal sesembahan, tapi tidak dipungkiri, beberapa kebudayaan tetap melakukan ritual sesajian meminta hujan.

Tapi dibeberapa tempat, contohnya saja Jakarta, hujan bisa menjadi sesuatu yang menakutkan. Hujan dalam intensitas yang tinggi bisa mengakibatkan kebanjiran, banjir bandang, yang merusak baik rumah, ladang pertanian, bahkan jatuh korban jiwa. Jakarta adalah salah satu contoh kota yang saat ini hampir setiap tahun mengalami banjir bandang akibat hujan, meskipun kepala pemerintah Ibukota Indonesia ini sudah silih berganti, tetap saja tidak ada yang memberikan jawaban pasti dalam menanggulangi banjir di pusat pemerintahan Indonesia ini.

Bahkan kabarnya aura setelah hujan itu berdampak sangat baik di alam, rerumputan dan pepohonan yang setelah hujan memberikan energi sangat positif. Secara psikologis, seseorang kadang membangkitkan kenangan-kenangan masa lalu saat hujan turun, ini bisa dilihat dari banyak lagu, puisi, film dan karya sastra terkait hujan. Anak-anak pun biasanya selalu bergembira bila hujan turun, entah energi dari mana yang menarik anak-anak itu untuk mandi ditengah hujan.
Hujan bisa menjadi sesuatu yang romantis

Apapun yang diakibatkannya, hujan merupakan rahmat, menyejukkan alam, dan mengurangi dampak polusi udara, sudah sepantas nya kita berucap syukur saat turunnya hujan, dan berdoa agar hujan tersebut tak menjadi bencana.
Dan hari ini, Batam hujan lagi....

1 comment: